Pecatur Denpasar, Fabian Glen Mariano, Pemilik Elo Rating Tertinggi di Kejurprov Catur Bali 2023

0
Fabian Glen Mariano di ajang  6th Eastern Asian Youth Chess Championship


Pecatur Kota Denpasar, Fabian Glen Mariano, adalah atlet catur yang memiliki elo rating tertinggi di antara  para atlet yang berlaga di Kejuaraan Provinsi (Kejurprov) Catur Bali 2023 di Jembrana. Fabian yang pada kejuaraan tersebut turun di Kategori Yunior A dan berhasil menyabet medali emas, memiliki elo rating  2251. Nilai itu bahkan lebih tinggi dari yang dimiliki oleh peraih medali emas Kategori Senior Putra, Anak Agung Gde Agung (Klungkung), yakni 2025. 

Elo rating dalam olahraga catur adalah sistem peringkat yang digunakan untuk menentukan kekuatan relatif seorang pemain catur. Sistem ini didasarkan pada hasil pertandingan pemain melawan pemain lain, dan berlaku di seluruh dunia. 


Fabian (paling kanan) saat menerima trofi Kejurprov Catur Bali 2023 di Jembrana

Setiap pemain memiliki peringkat Elo awal, biasanya di sekitar 1000 hingga 1200 untuk pemain pemula. Ketika pemain bermain melawan pemain lain, hasil pertandingan akan mempengaruhi perubahan rating mereka.

Jika seorang pemain mengalahkan lawan yang memiliki rating yang lebih tinggi, rating pemain tersebut akan meningkat. Sebaliknya, jika pemain yang lebih kuat kalah melawan pemain yang memiliki rating lebih rendah, rating mereka akan menurun. Elo Rating tertinggi yang Pernah tercatat diraih oleh mantan Juara Dunia Magnus Carlsen yakni 2882 ·



Juara Asia 
Tingginya Elo Rating yang dimiliki Fabian tak lepas dari beberapa keberhasilannya selama ini di berbagai turnamen catur baik di tingkat Nasional maupun internasional. Siswa SMAN 3 Denpasar tersebut antara lain meraih medali emas pada ajang 6th Eastern Asian Youth Chess Championship yang diselenggarakan pada 4-13 November 2022 di Bangkok. Pada turnamen resmi Federasi Catur Internasional (FIDE) yang diikuti oleh ratusan peserta dari negara-negara di kawasan timur Asia tersebut,  Fabian  turun di nomor catur Blitz U16. Adapun para peserta bersasal dari seperti Indonesia, Singapura, Malaysia, Filipina, Vietnam, Myanmar, Hong Kong, Chinese Taipei, Mongolia, Korea Selatan,  dan tuan rumah Thailand. Dengan keberhasilan yang dicapai itu, selain medali emas dan trofi, atlet andalan Percasi Denpasar tersebut juga mendapat sertifikat  Candidate Master dari FIDE. 

Tak hanya itu, akhir Juni lalu Fabian juga meraih medali emas pada turnamen bertajuk '21st ASEAN+ Age Group (AAG) Chess Championships 2023, juga di Bangkok, Thailand. []



 

Post a Comment

0Comments

Please Select Embedded Mode To show the Comment System.*