Bertepatan Hari Musik Sedunia, "Catharina Leimena: Show Must Go On" Tayang di Bioskop Online

0


Setelah meraih kesuksesan sebagai salah satu nominee Film Dokumenter Panjang Terbaik di Festival Film Indonesia (FFI) 2021, film "Catharina Leimena: Show Must Go On" akhirnya dapat dinikmati oleh publik melalui Bioskop Online. Film ini, yang disutradarai oleh Patar Simatupang, secara resmi dirilis untuk publik luas pada pertengahan tahun ini, sejalan dengan perayaan Hari Musik Sedunia.

Dalam film dokumenter ini, penonton diajak untuk mengenal lebih dekat kehidupan seorang legenda musik Indonesia, Catharina Leimena, serta kontribusinya yang luar biasa dalam dunia musik. Meskipun berusia 82 tahun, Catharina Leimena tetap menunjukkan ketangguhan yang luar biasa. Sebagai seorang mezzo-sopran, kreativitasnya tampak tak terbatas dan terus mengalir tanpa henti. Setiap kesempatan dalam hidupnya, Catharina menggunakan untuk mengajak generasi muda ikut bergelora dalam musik.

"Catharina Leimena: Show Must Go On" menggambarkan ketekunan yang luar biasa dari Catharina dan menyampaikan pesan kuat tentang kekuatan batin yang dimilikinya. Film ini juga mengungkapkan pengaruh positif Catharina terhadap para muridnya, memberikan motivasi kepada guru nyanyi, penyanyi ternama, paduan suara, dan pemula.

Namun, dalam film ini juga terdapat momen mengguncangkan. Dalam sebuah makan malam, putra Catharina memohon agar ibunya berhenti dan lebih banyak beristirahat serta menikmati masa tua yang menyenangkan. Namun, Catharina menolak tawaran tersebut dan memilih melanjutkan perjalanan bermusiknya.

Sebelumnya, film ini berjudul "Catharina in a Country of Choirs" saat pertama kali terpilih dalam Akatara 2019 dan diputar dalam Jakarta World Choir Festival (JWCF) 2019. Ajang JWCF tersebut menjadi momen luar biasa bagi Catharina yang menjadi titik puncak cerita dalam film ini. Selain itu, realitas bahwa Catharina tidak berhenti berkarya dan justru semakin sibuk mengajar secara online, meskipun terdampak oleh pandemi COVID-19, juga menambah daya tarik sosok Catharina dalam film ini.

Tak ingin menyia-nyiakannya, Patar Simatupang sebagai sutradara, memanfaatkan kedua hal tersebut sebagai kekuatan baru bagi tokoh utama dalam film. Ia memutuskan untuk mengubah alur cerita dan judul film menjadi "Catharina Leimena: Show Must Go On" pada tahun 2021.

Selain menjadi nominasi di FFI 2021, film ini juga meraih nominasi Film Dokumenter Terbaik di Piala Maya 2022. Keberhasilan ini semakin menegaskan kualitas dan daya tarik film dokumenter yang menginspirasi ini.

Dengan kehadiran "Catharina Leimena: Show Must Go On" di Bioskop Online, kisah inspiratif Catharina Leimena dapat diapresiasi oleh lebih banyak penonton di seluruh Indonesia. Film ini tidak hanya memberikan wawasan tentang perjalanan seorang legenda musik, tetapi juga mengajak kita untuk menghargai semangat dan ketangguhan dalam menjalani hidup.
 
Judul : Catharina Leimena: Show Must Go On
Genre : Dokumenter - SU
Durasi :1 Jam 7 Menit
Tiket : Rp15.000
Rilis : 2021
Produser : Patar Simatupang
Sutradara : Patar Simatupang
Perusahaan Produksi : Truecolours

Post a Comment

0Comments

Please Select Embedded Mode To show the Comment System.*