13 Lokasi Snorkeling Keren Di Bali

0
Snorkeling, menyelam di antara ikan-ikan permukaan. Foto: viator.com

Snorkeling adalah kegiatan berenang atau menyelam dengan mengenakan peralatan berupa masker selam dan snorkel. Snorkel adalah peralatan selam berupa selang berbentuk huruf J dengan pelindung mulut di bagian ujung sebelah bawah. Alat ini berfungsi sebagai jalan masuk udara ketika bernapas dengan mulut tanpa harus mengangkat muka dari permukaan air. 

Dengan mengenakan masker selam dan snorkel, para penyelam dapat menghadapkan wajah ke bawah permukaan air dan bernapas melalui snorkel sehingga pemandangan bawah air terlihat jelas. Dan, saat melakukan penyeleman di permukaan air umumnya para penyelam mengenakan alat bantu gerak berupa kaki katak (sirip selam) untuk menambah daya dorong pada kaki. 

"Terbang" di bawah permukaan air. Foto: ist.

Di Bali, aktivitas snorkeling cukup populer. Maklum, pesona alam bawah laut di belasan tempat di pulau ini membuat banyak turis maupun penduduk lokal melakukan aktivitas snorkeling untuk menikmatinya.  

Waktu Terbaik Untuk Snorkeling Di Bali
Waktu terbaik untuk beraktivitas di pantai tentu saat cuaca bagus. Cuaca bagus untuk snorkeling adalah saat musim kemarau, karena air laut lebih jernih. Iklim di pulau Bali sama dengan iklim di wilayah Indonesia lainnya. Ada musim kemarau serta ada musim hujan. Musim hujan di Bali rata-rata mulai dari bulan November sampai Maret. Sedangkan musim kemarau di Bali dari bulan April, sampai bulan Oktober.

Daftar Tempat Snorkeling Terbaik Di Bali
Ada belasan tempat di Bali yang memiliki pemandangan alam bawah laut yang sangat indah. Dari belasan tempat tersebut, berikut ini tempat-tempat snorkeling terbaik di Bali.

Tanjung Benoa. Foto: Wira Water Sport 

1. Tanjung Benoa & Nusa Dua (Badung) 
Letak pantai ini di Kawasan Bali Selatan, hanya beberapa kilometer dari Bandara Ngurah Rai dan jalan tol. Pemandangan bawah laut yang indah, ombaknya tenang, dan arus laut tidak kuat membuat Nusa Dua & Tanjung Benoa Snorkeling cocok sebagai lokasi snorkeling bagi wisatawan yang tidak mahir berenang dan belum pernah mencoba aktivitas snorkeling atau sudah pernah namun minim pengalaman dalam snorkeling. Spot ini juga sangat cocok untuk wisatawan yang ingin melakukan snorkeling bersama anak-anak.

Snorkeling di Sanur. Foto: Crystal Divers

2. Pantai Sanur (Denpasar)
Pantai Sanur juga menyimpan pemandangan terumbu karang yang indah. Sama seperti di Tanjung Benoa, Sanur menjadi salah satu alternatif wisata air. Hanya saja, taman laut di pantai sanur ini tidaklah luas dan kondisi laut tergantung musim ombak. Saat musim ombak, air laut keruh dan aktivitas snorkeling jadi kurang menyenangkan.

Blue Lagoon. Foto: Befreetour.com

3. Blue Lagoon (Karangasem)
Pantai Blue Lagoon berlokasi di Bali Timur. Beberapa kilometer saja dari pelabuhan Padang Bai, Karangasem. Karena itu pantai Blue Lagoon sering disebut dengan nama pantai Padang Bai.
Dari pantai Kuta Bali,  letak Blue Lagoon kurang lebih 1 jam, 40 menit perjalanan dengan jarak tempuh 57 kilometer.  Lokasi spot snorkeling ini berdekatan dengan objek wisata Taman Ujung Sukasada, Tirta Gangga Water Palace, pura Lempuyang, serta pantai Candidasa.
Ombak diperairan pantai Blue Lagoon sangat tenang dan perairan di sekitar bibir pantai tidak terlalu dalam. Sangat cocok untuk peserta snorkeling pemula.

Labuhan Amuk. Foto: Traveloka

4. Labuhan Amuk (Karangasem)
Lokasinya berdekatan dengan lokasi pantai Blue Lagoon yakni ke arah timur sejauh 3,4 kilometer.  Pantai Labuan Amuk memiliki pasir berwarna putih. Di kalangan wisatwan lokasi ini lebih dikenal sebagai lokasi wisata kapal selam daripada lokasi snorkeling. Nama aktivitas wisata kapal selam, yaitu 
 
Karena itu aktivitas snorkeling di Labuhan Amuk, tidak seramai di Blue Lagoon. Spot snorkeling Labuhan Amuk, cocok untuk peserta pemula karena peraiaran laut pantai yang tenang dengan arus laut yang tidak terlalu kuat.
 
Virgin Beach, Karangasem. Foto:Digital Travel Couple

5. Virgin Beach, Perasi (Karangasem)
Berlokasi di desa Perasi, Karangasem, pantai ini pantai tersembunyi di sebuah ceruk di kawasan Bali timur.  Dulu, karena letaknya yang tersembunyi sehingga sangat jarang orang datang ke sana, para turis yang sempat ke sena menjulukinya Virgin Beach. Lokasi pantai Virgin berdekatan dengan objek wisata Candidasa, objek wisata Taman Ujung Soekasada serta tempat wisata taman air Tirta Gangga.

Ombak di pesisir Virgin Beasch lumayan kuat. Untuk snorkeling, Virgin Beach tidak direkomendasikan bagi pemula. Ia lebih cocok bagi mereka yang memiliki keahlian berenang. Pemandangan laut di pantai Perasi sangat mirip dengan pemandangan laut di perairan Blue Lagoon.

 
Snorkeling di Pantai Amed. Foto: Nico Dives Cool

6. Pantai Amed 
Pantai Amed adalah Salah satu tempat snorkeling yang sangat populer di Bali. Itu dikarenakan oleh terumbu karangnya yang masih terjaga, jenis ikannya yangberagam, dan terdapat kapal karam yang menarik untuk dikunjungi. Di lokasi tersebut juga kerap melintas kura-kura. 
Spot Snorkeling Amed lebih cocok bagi mereka yang sudah berpengalaman dalam aktivitas snorkeling. Tidak direkomendasikan bagi wisatawan yang baru belajar snorkeling apalagi tidak mahir berenang.

Tulamben. Foto: Tiket.com

7. Tulamben 
Letaknya tak jauh dari Pantai Amed. Snorkeling di Panatai Tulamben memerlukan keahlian berenang. Tidak direkomendasikan bagi pemula yang tak mahir berenang.


Pemandangan bawah laut Taman Nasional Pulau Menjangan. Foto: Wisata online 

8. Taman Nasional Pulau Menjangan  
Pulau Menjangan  berada di Taman Nasional Bali Barat. Karena Taman Nasional Bali Barat adalah kawasan lindung. Di perairan pulau ini terdapat banyak terumbu karang. Di situ hidup  berbagai jenisa ikan warna-warni dan kura-kura.

Perairan laut di pulau Menjangan Bali barat sangat tenang. Arus lautnya tidak terlalu kuat. Jadi sangat cocok sebagai spot snorkeling untuk pemula.

Pemuteran. Foto:Total Bali Activities

9. Pantai Pemuteran 
Berlokasi di desa Pemuteran, Gerogak, Kabupaten Buleleng, Bali Utara. Tempat ini merupakan lokasi proyek konservasi terumbu karang yang diinisasi oleh masyarakat lokal sekitar desa Pemuteran.
Perairan ini relatif dangkal dengan arus laut yang tidak terlalu kuat. Kelebihan ini membuat Pemuteran sangat cocok sebagai lokasi snorkeling bagi pemula.
 
Kawasan Nusa Penida, Lembongan, dan Ceningan
Tiga pulau ini berada di selatan Pulau Bali. Sekitar 30 menit dengan perahu dari Bali "Daratan". Ketiga pulau Nusa ini lokasinya sangat berdekatan. Ketiganya dipisahkan oleh perairan laut yang tidak terlalu lebar. Saat anda melakukan snorkeling di pulau Nusa Penida, kemungkinan besar anda juga telah melakukan snorkeling di pulau Nusa Lembongan atau pulau Nusa Ceningan.

Beberapa spot snorkeling di pulau Nusa Penida menawarkan arus laut cukup tenang, walaupun arus dapat berubah sewaktu-waktu. Selain itu, jarak pandang saat snorkeling lumayan bagus sekitar 10 meter sampai 20 meter pada siang hari, terutama pada saat musim kemarau.

Menurut situs Coral Triangel Center, terdapat 296 spesies terumbu karang dan 576 spesies ikan karang pada kawasan perairan Nusa Penida. Bagus atau tidaknya kondisi terumbu karang, tergantung dari lokasi anda menyelam. Namun sebagian besar kondisi terumbu karang di Nusa Penida masih sehat.

Biota bawah laut yang kemungkinan besar dapat anda lihat saat snorkeling di perairan Nusa Bali seperti, penyu hijau, ikan pari Manta, belut pelangi. Mola-Mola serta ikan Frogfish.

Lokasi Snorkeling di Nusa Penida - Lembongan - Ceningan antara lain:  

Snorkeling dengan ikan pari. Foto: Expedia

11. Crystal Bay 
Crystal Bay Nusa Penida lebih banyak di kenal wisatawan sebagai destinasi wisata pantai pasir putih di pulau Nusa Penida. Lokasi garis pantai yang menghadap ke sisi barat daya, membuat pantai Crystal Bay Nusa Penida salah satu lokasi terbaik melihat sunset di pulau Nusa Penida. Selain itu, lokasi Crystal Bay juga berdekatan dengan Gamat Bay yang hanya berjarak 15 menit perjalanan darat.

Manta Point. Foto: getyourguide.com

12. Manta Point & Manta Bay 
Salah satu aktivitas snorkeling yang paling banyak diminati wisatawan saat liburan ke pulau Nusa Penida adalah berenang disamping Ikan Pari Manta (Manta Ray). Lokasi terbaik di Nusa Penida untuk dapat berenang di samping Ikan Pari Manta adalah Manta Point Nusa Penida dan Manta Bay Nusa Penida. 

Untuk mencapai lokasi Manta Point dan Manta Bay Nusa Penida anda harus menggunakan perahu. Karena lokasi Manta Point dan Manta Bay Nusa Penida berada di tengah laut.


Teluk Gamat. Foto: Nusapenida.id

13. Teluk Gamat 
Lokasi teluk Gamat berdekatan dengan lokasi Crystal Bay namun akses ke bibir pantai teluk Gamat lebih sulit di bandingkan dengan akses ke pantai Crystal Bay. Dengan kendaraan bermotor, anda akan melewati beberapa jalan tanah untuk menuju ke puncak tebing teluk Gamat. Dari puncak tebing teluk Gamat anda harus menuruni jalan setapak untuk dapat menginjakan kaki di bibir pantai.

Tidak ada banyak pengunjung ke area pantai di Teluk Gamat jika anda bandingkan dengan Crystal Bay, karena akses lokasi teluk Gamat yang sedikit sulit.  


Tips Snorkeling  
Sebelum melakukan kegiatan snorkeling di Bali, ada baiknya anda menggunakan lotion pelembab agar kulit anda terlindungi dari sengatan sinar matahari dan keras-nya air garam laut.

Dengarkanlah arahan tentang aturan bermain snorkeling yang aman dari para pemandu atau orang yang ahli setempat tentang aktivitas itu. []

Post a Comment

0Comments

Please Select Embedded Mode To show the Comment System.*