Upacara Melabuh Gentuh Uncal Balung Digelar di Pantai Muara Perancak

0

JEMBRANA - Pemerintah Kabupaten Jembrana menggelar upacara Melabuh Gentuh Uncal Balung yang dilaksanakan di Pantai Taman Ujung Perancak pada Selasa (26/9/2023). Upacara ini menjadi yang pertama di Jembrana. Tujuan utamanya menjaga keharmonisan dengan alam semesta serta memohon keselamatan dari bencana baik di laut maupun daratan.

Prosesi upacara ini melibatkan sarana _caru_ seperti kerbau, kambing, angsa, bebek, dan ayam yang di tenggelamkan ke tengah laut oleh Bupati Jembrana I Nengah Tamba beserta jajaran Forkopimda Jembrana. Upacara Melabuh Gentuh Uncal Balung ini merupakan yang pertama di tingkat Kabupaten setelah sebelumnya upacara serupa di tingkat Provinsi dilaksanakan di Gilimanuk.

Bupati Nengah Tamba menjelaskan bahwa upacara ini bertujuan untuk menghindari energi negatif dari bhuta kala tiga dungulan dan membersihkan Jagat.

"Persembahan Pakelem Melabuh Gentuh, dengan sarana Kerbau, Angsa, Bebek, Ayam, dan sesajen Kambing juga dan dipuput oleh Ida Pedanda saking Griya Ketugtug ini betujuan memohon keselamatan, termasuk keselamatan para nelayan yang mencari rezeki di laut. Hal ini juga diarahkan untuk mendukung pencapaian visi 'Jembrana Emas 2026' yang menargetkan kemajuan pemerintahan dan nelayan," ujarnya.

Upacara Melabuh Gentuh ini diharapkan dapat membawa rahmat dan kedamaian bagi seluruh masyarakat Bali dan khususnya di Jembrana. Semoga upacara ini berkontribusi positif untuk kehidupan masyarakat setempat serta keberlanjutan alam dan budaya Bali.[]
Tags

Post a Comment

0Comments

Please Select Embedded Mode To show the Comment System.*